Pages

Friday, November 2, 2012

Pengertian Gempa Bumi

Gempa bumi adalah pergeseran tiba-tiba lapisan tanah di bawah permukaan bumi, sehingga menyebabkan getaran dipermukaan bumi akibat adanya gejala tektonik dan vulkanik. Gempa dapat juga berupa runtuhan bagian bumi secara lokal atau gerakan mendadak lempeng pada kerak bumi. Gerakan lempeng bumi yang lambat (1-13 cm setiap tahun) membuat pinggir lempeng mengalami tekanan yang sangat besar di batuan dasar selama puluhan atau ratusan tahun. Tekanan besar yang terjadi akibat gerakan lapisan bumi terhenti dan saling mengunci sehingga terjadi pengumpulan energi terus menerus sehingga suatu saat terjadi pelepasan energi secara tiba-tiba yang menimbulkan gempa.
  1. Kegiatan tektonik yaitu kegiatan lempeng bumi yang selalu bergerak. Ada tiga kemungkinan pergerakan satu lempeng tektonik relatif terhadap lempeng lainnya, yaitu kedua lempeng saling menjauhi (spreading), saling mendekati (collision) dan saling geser (transform). Kebanyakan gempa terjadi sepanjang perbatasan antara dua lempeng tektonik karena di dorong oleh arus-arus yang digerakan panas di astenosfer. Kalau tekanan yang dihasilkan meningkat melampaui tingkat tertentu, energi yang tertahan memecahkan batu dan menciptakan retakan (sesar). Lepasnya energi secara mendadak menimbulkan getaran yang mengguncangkan tanah disebut dengan gempa tektonik. Sebagian besar gempa yang terjadi adalah gempa tektonik, hampir 90% gempa di bumi adalah termasuk gempa tektonik.
  2. Kegiatan vulkanik adalah kegiatan magma yang bergerak ke permukaan bumi. Ledakan-ledakan magma mengenai rongga-rongga bumi menyebabkan getaran yang sampai ke permukaan bumi. Pada saat magma keluar dari bumi berupa letusan gunung api, menyebabkan gempa vulkanik yang terasa di sekitar gunung api. Kegiatan vulkanik umumnya terjadi di sekitar perbatasan lempeng bumi. Karena magma akan mencari retakan/sesar lapisan bumi untuk mencapai permukaan bumi. Gempa vulkanik jarang terjadi, hanya sekitar 7% dari gempa yang terjadi di bumi.
  3. Runtuhnya gua-gua dalam bumi. Di lapisan bumi terdapat rongga-rongga yang biasanya terdapat di daerah gunung kapur. Jika rongga-rongga ini runtuh, dapat menyebabkan getaran di permukaan bumi. Namun gempa akibat runtuhnya rongga sangatlah sedikit terjadi, dan getaran gempa yang dihasilkan juga lemah serta dalam radius yang kecil.
  4. Gempa buatan. Gempa buatan terjadi akibat kegiatan manusia yang menyebabkan getaran di permukaan bumi. Misalnya uji coba bom nuklir.
Titik pecahan batuan untuk pertama kalinya pada saat gempa bumi disebut hiposentrum. Hiposentrum bisanya berada pada lapisan bumi bawah pada kedalaman tertentu. Sedangkan permukaan bumi yang berada tepat di atas hiposentrum disebut episentrum

No comments:

Post a Comment

 

Ilmu Pengetahuan Alam

Ilmu Pengetahuan Alam adalah pelajaran yang mempelajari tentang alam dan sekitarnya