Pages

Saturday, November 3, 2012

SUMBERDAYA ALAM BIOTIK DAN ABIOTIK


            Sumber daya alam merupakan  segala sesuatu yang muncul secara alami yang dapat digunakan untuk pemenuhan kebutuhan manusia pada umumnya. Yang tergolong sumber daya alam tidak hanya komponen biotik, seperti hewan, tumbuhan, dan mikroorganisme, tetapi juga komponen abiotik, seperti air, tanah,  minyak bumi, dan yang lainnya. Sumber daya alam mutlak diperlukan untuk menunjang kebutuhan manusia.
Tetapi adanya kemajuan teknologi dan peradaban serta populasi manusia sekarang ini,  mengarahkan  manusia kepada era eksploitasi sumber daya alam sehingga persediaannya terus berkurang secara signifikan. Padahal sumber daya alam mempunyai regenerasi dan asimilasi yang terbatas. Selama eksploitasi atau penggunaannya di bawah batas daya regenerasi atau asimilasi, maka sumber daya terbaharui dapat digunakan secara lestari. Akan tetapi apabila batas itu dilampaui, sumber daya akan mengalami kerusakan dan fungsinya sebagai faktor produksi dan konsumsi atau sarana pelayanan akan mengalami gangguan.
Oleh karena itu manusia perlu mengenal jenis sumberdaya alam, sehingga penggunaannya dapat dimanfaatkan dengan baik.
Untuk mempermudah pemahaman dalam materi ini, saya akan membaginya ke dalam 3 sub bab yaitu :
  1. 1.           Pengertian Sumber daya Alam
Alam merupakan komponen-komponen yang bekerja secara teratur sebagai suatu kesatuan. terdiri atas unsur biotik (manusia, hewan, dan tumbuhan) dan abiotik (udara, air, tanah, iklim dan lainnya). Sedangkan yang dimaksud dengan “sumber daya” menurut arti katanya adalah bahan atau keadaan yg dapat digunakan manusia untuk memenuhi keperluan hidupnya. Sehingga yang dimaksud dengan sumber daya alam adalah alam dengan segala isinya yang diperlukan untuk mendukung kehidupan manusia demi kelangsungan hidupnya. Ada 3 kunci disana yaitu :
  1. Alam dengan segala isinya
  2. Yang diperlukan
  3. Kelangsungan hidup manusia.

Jadi segala yang ada di alam baik itu berupa komponen biotik ataupun abiotik merupakan sumber daya alam yang memiliki peranan dalam pemenuhan kebutuhan manusia.  Sumber daya alam dan kehidupan manusia tidak bisa dipisahkan. Sumber daya alam tersebut diperlukan manusia selain untuk melestarikan hidupnya juga untuk mensejahterakan hidupnya.

Firman Allah S.W.T dalam surat  Al-Mulk ayat 15 :
هُوالّذِيْ جَعَلَ لَكُمُ الْاَرْضَ ذَلُوْلاًفَامْشُوْافِيْ مَنَاكِبِهَا وَكُلَوْامِنْرِزْقِه قلى وَاِليْهِ النّشُوْرُ

“Dialah yang menjadikan bumi itu mudah bagi kamu, maka berjalanlah di segala penjurunya, dan makanlah sebagian dari rizki-Nya. Dan hanya kepada-Nya lah kamu (kembali setelah) dibangkitkan.” (QS. 67 : 15).


  1. 2.         Pembagian sumber daya alam menurut jenisnya

Pembagian sumber daya alam berdasarkan jenis adalah :
(1) Sumberdaya alam hayati / biotik 
adalah sumber daya alam yang berasal dari makhluk hidup, contoh : tumbuhan, hewan, mikroorganisme, dan lain-lain. Sumberdaya hayati (biotik) adalah salah satu sumber daya dapat pulih (renewable resources) yang terdiri atas flora dan fauna. Sumber daya hayati secara harfiah dapat diartikan sebagai sumberdaya yang mempunyai kehidupan dan dapat mengalami kematian.
(2) Sumberdaya alam non hayati (abiotik)
adalah SDA yang berasal dari makhluk tak hidup (abiotik), disebut juga sumber daya alam fisik, yaitu sumber daya alam yang berupa benda-benda mati. Seperti: air, tanah, batu-batuan, dan barang-barang tambang.

  1. 3.         Pemanfaatan Sumberdaya Alam
Allah SWT berfirman :

وَجَعَلْنَا لَكُمْ فِيْهَا رَوَاسِيَ وَاَنْبَتْنَا فِيْهَا مِن كُلّ شَيْءٍ مَّوْزُوْنٍ (  )  وَجَعَلْنَا لَكُمْ فِيْهَا مَعَا يِشَا وَ
مَنْ لَّسْتُمْ لَهُ بِرَازِقِيْنَ
“Dan Kami telah menghamparkan bumi dan menjadikan padanya gunung-gunung dan Kami tumbuhkan padanya segala sesuatu menurut ukuran. Dan Kami telah menjadikan untukmu di bumi keperluan-keperluan hidup, dan (Kami menciptakannya pula) makhluk-makhluk yang kamu sekali-kali bukan pemberi rezeki kepadanya.” (QS. 15 : 19-20)
Pemanfaatan SDA dibagi berdasarkan sifatnya, yaitu SDA hayati (biotik) dan nonhayati (abiotik).
  1. a.       Sumber daya alam hayati :
    Tumbuhan
    Tumbuhan memiliki kemampuan untuk menghasilkan oksigen dan pati melalui proses  fotosintesis. Oleh  karena itu, tumbuhan merupakan produsen atau penyusun dasar  rantai makanan. Pemanfaatan tumbuhan oleh manusia diantaranya: Bahan ma kanan, bahan bangunan, bhan bakar  (biosolar).
  • Pertanian dan perkebunan
    Pertanian  di  Indonesia menghasilkan berbagai macam tumbuhan komoditi eks- por, antara  lain padi,  jagung, kedelai dan singkong. Di samping itu,  Indonesia juga  dikenal dengan hasil perkebunannya,  antara lain  karet, kelapa sawit, tembakau  dan lain-lain.
  • • Hewan, peternakan, dan perikanan
    Sumber daya alam hewan dapat berupa hewan liar maupun hewan yang sudah dibudidayakan. Pemanfaatannya dapat sebagai pembantu pekerjaan berat manusia, seperti kerbau dan kuda atau sebagai sumber bahan pangan, seperti unggas dan sapi.

  1. b.       Sumber daya alam nonhayati :

  • • Air
    Air merupakan salah satu kebutuhan utama makhluk hidup dan bumi sendiri didominasi oleh wilayah perairan. Air  digunakan dalam kehidupan sekari-hari baik manusia, hewan dan tumbuhan.
  • • Angin
    Pada era ini, penggunaan minyak bumi, batu bara, dan berbagai jenis bahan ba- kar  hasil  tambang  mulai  digantikan  dengan  penggunaan energi  yang  dihasilkan oleh angin. Selain sumbernya yang terbaharukan dan  selalu ada, energi yang dihasil kan angin  jauh  lebih  bersih  dari  residu  yang  dihasilkan  oleh bahan bakar lain pada umumnya.
    • Tanah
    Tanah termasuk salah sumber daya alam nonhayati yang penting untuk menun jang kehidupan manusia, tumbuhan dan hewan. Pertumbuhan tanaman pertanian dan perkebunan secara langsung terkait dengan tingkat kesuburan dan kualitas tanah.
  • • Hasil tambang
    Sumber daya alam hasil penambangan memiliki beragam fungsi bagi kehidupan manusia, seperti bahan dasar infrastruktur, kendaraan bermotor, sumber energi, mau pun sebagai perhiasan.

No comments:

Post a Comment

 

Ilmu Pengetahuan Alam

Ilmu Pengetahuan Alam adalah pelajaran yang mempelajari tentang alam dan sekitarnya